Kunci Jawaban Pentingnya Berkolaborasi & Berkomunikasi untuk UMKM SekolahMU | Prakerja Gelombang 14
Prakerja Sekolahmu1. Berikut yang bukan merupakan akibat dari kurangnya keterbukaan kepada pembeli adalah..
A. Relasi yang baik
B. Pembeli tidak percaya lagi
C. Pembeli tidak memesan lagi di kemudian hari
D. Pembeli memilih pesan di perajin lain
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
2. Berikut adalah faktor yang menyebabkan kegagalan dalam kolaborasi, kecuali..
A. Mementingkan keuntungan pribadi
B. Tidak adanya keterbukaan
C. Komunikasi satu arah
D. Komunikasi kedua belah pihak
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah D
3. Dalam menentukan media apa yang akan digunakan untuk berkoordinasi sebaiknya...
A. Kedua belah pihak saling memberikan pilihan dan disepakati
B. Survei pasar
C. Meminta pendapat dari pembeli
D. Kesepakatan salah satu pihak
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
4. Berikut merupakan frekuensi kolaborasi dan koordanisasi adalah...
A. Insidental
B. Berkala
C. Ketika ada pesanan masuk
D. A dan B benar
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah D
5. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menentukan frekuensi koordinasi, yaitu..
A. Waktu koordinasi
B. Bagian yang terlibat
C. Urutan pelaksanaan
D. Semua benar
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah D
Pre Test 2
1. Berikut adalah hal-hal yang diperlukan dalam membangun kolaborasi dan koordinasi yang baik, kecuali..
A. Menggunakan media yang tepat
B. Frekuensi koordinasi yang tepat
C. Keterbukaan dengan pembeli
D. Mindset kesamaan subjektif
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah D
2. Berikut alasan UMKM melakukan kolaborasi yaitu..
A. Memperluas pasar
B. Meningkatkan harga produk
C. Meningkatkan persaingan
D. Meminimalisir biaya produksi
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
3. Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan partner yang akan diajak kolaborasi, yaitu
A. Dapat dipercaya
B. Branding keren
C. Komunikasi kurang
D. Kapasitas tidak memenuhi
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
4. Berikut yang bukan merupakan dampak positif dari keterbukaan dengan konsumen, yaitu...
A. Pembeli akan lebih terbuka untuk mencari solusi/kesepakatan baru
B. Pembeli dapat membuat penyesuaian dengan tim mereka
C. Pembeli mengetahui segala informasi perusahaan
D. Pembeli bisa memberi masukan dan saran
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah C
5. Berikut adalah contoh akibat dari kurangnya komunikasi untuk UMKM, yaitu..
A. Kesalahan jumlah produksi
B. Keuntungan meningkat
C. Pembelian meningkat
D. Stok produk meningkat
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
Post Test
Cermati teks berikut!
Mengerjakan proyek produk kerajinan yang dibuat tangan, tentunya memakan waktu yang tidak sedikit. Hal ini semakin mendorong pentingnya menjaga komunikasi dan kolaborasi, baik secara internal maupun dengan pihak pembeli. Berbagai media dapat digunakan, namun waktu yang tepat juga menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan bersama.
1. Berikut ini merupakan definisi dari kolaborasi, kecuali
A. Kerjasama antara 2 pihak atau lebih
B. Kerja keras menyusun strategi pemasaran
C. Tindakan mencapai tujuan bersama dengan perusahaan lain
D. Membagi risiko dengan rekan kerja
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah B
2. Unsur yang paling penting dalam melakukan sebuah kolaborasi ialah
A. Adanya mindset kesamaan objektif
B. Bersikap apatis dengan rekan kerja
C. Tidak saling melengkapi antar anggota
D. Memutuskan tujuan secara sepihak
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
3. Dengan siapa saja kita bisa melakukan sebuah kolaborasi usaha?
A. Pihak eksternal
B. Perusahaan swasta saja
C. Tim internal
D. Tim internal dan eksternal
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah D
4. Tindakan mengatur suatu organisasi atau kegiatan sehingga peraturan dan tindakan yang akan dilaksanakan tidak saling bertentangan atau simpang siur disebut
A. Kolaborasi
B. Koordinasi
C. Komitmen
D. Konsekuensi
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah B
5. Di bawah ini merupakan faktor yang menyebabkan kegagalan sebuah koordinasi, kecuali
A. Komunikasi dan kerjasama yang baik antara kedua belah pihak
B. Tidak menggunakan media komunikasi yang tepat
C. Tidak menentukan frekuensi pertemuan secara disiplin
D. Mementingkan kepentingan pribadi bukan golongan
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
6. Pak Arif merupakan seorang wirausaha di bidang kuliner keripik buah khas Malang. Beliau berencana memperbaharui kemasan produk miliknya agar lebih kekinian dan mengikuti kebutuhan pasar. Di bawah ini pihak yang bisa Pak Arif ajak berkolaborasi, kecuali
A. Percetakan kemasan
B. Tim Desain kemasan
C. Perusahaan bahan baku kemasan
D. Tim pemasaran yang handal
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah D
7. Sebutkan 2 faktor utama yang membuat kolaborasi dan koordinasi bisa berjalan dengan baik
A. Waktu yang tepat dan keterlibatan pihak tertentu saja
B. Lokasi rapat dan ketepatan waktu
C. Frekuensi koordinasi dan pemilihan media komunikasi yang tepat
D. Tim handal dan tidak disiplin pencatatan
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah C
8. Frekuensi kolaborasi dan koordinasi dapat dibagi menjadi 2 : berkala dan insidental. Jika di kantor PT. Pangan Megah Buana dilakukan rapat rutin mingguan setiap hari Senin pagi untuk membahas : status produksi, kendala yang terjadi, potensi resiko yang ada. Maka, kantor tersebut menerapkan frekuensi kolaborasi dan koordinasi
A. Insidental
B. Berkala
C. Insidental dan Berkala
D. Keduanya salah
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah B
9. Di bawah ini yang merupakan alasan utama mengapa keterbukaan antar pihak sangat penting dalam menjalin hubungan bisnis, kecuali
A. Agar dapat menyikapi sebuah permasalahan dengan bijak
B. Agar dapat melakukan pemetaan potensi dan kendala yang akan terjadi
C. Agar dapat saling memahami dan melengkapi
D. Agar dapat leluasa menguasai keuntungan bisnis pribadi
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah D
10. Jika keterbukaan komunikasi tidak dilakukan dalam berhubungan bisnis, banyak efek negatif yang akan muncul, seperti
A. Hilangnya rasa kepercayaan
B. Relasi menjadi lebih baik
C. Terbangun sikap saling menghormati dan pengertian
D. Termotivasi untuk membantu satu sama lain
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
11. Berikut ini merupakan hal-hal hal yang perlu diperhatikan saat menentukan frekuensi koordinasi, kecuali
A. Waktu koordinasi
B. Bagian yang terlibat
C. Lokasi harus nyaman dan aman
D. Urutan pelaksanaan
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah C
12. Penentuan waktu rapat merupakan bagian terpenting dalam berkoordinasi. Rapat bisa dilakukan di awal maupun akhir periode. Rapat yang dilakukan di akhir periode biasanya bertujuan untuk
A. Membahas pencapaian dan evaluasi di periode sebelumnya
B. Membahas perencanaan yang akan dilakukan pada periode tersebut
C. Membahas pentingnya komunikasi secara berkala
D. Membahas rencana kemitraan pada periode tersebut
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A
13. Berikut ini merupakan kelebihan media komunikasi verbal, diantaranya
A. Tidak tercatat bahwa sudah dilakukan
B. Cepat, langsung, pesan pasti tersampaikan ke pendengarnya
C. Mudah lupa apa saja pesan yang disampaikan
D. Tidak terdokumentasi dengan baik
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah B
14. Dapat dicari dengan mudah, tercatat secara otomatis, dapat menginformasikan beberapa pihak secara langsung, dapat menyertakan lampiran merupakan keuntungan menggunakan media komunikasi
A. Instagram
B. Facebook
C. Telfon
D. Email
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah D
15. Sikap professional yang seharusnya diterapkan ketika menjalin hubungan kolaborasi dengan perusahaan lain, yakni
A. Komunikasi baik, kooperatif dalam berkoordinasi, serta tidak apatis dengan rekan kerja
B. Peduli, tidak santun, dan merasa paling unggul
C. Saling menghargai, bersikap positif, dan tidak tepat waktu saat hadir rapat
D. Komunikasi efektif, tidak memiliki tujuan yang jelas, dan ingin menang sendiri
Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar adalah A