Kunci Jawaban Exam Merancang Produk Digital Manager Pengembangan Skill Academy

Kunci Jawaban Exam Merancang Produk Digital Manager Pengembangan Skill Academy


Berikut kunci jawaban exam Belajar Merancang Produk Digital untuk Manager Pengembangan Aplikasi TIK (Product Manager) Skill Academy :

1. Apakah manfaat utama dari MVP?

A. Memperoleh pemahaman tentang minat pelanggan terhadap produk secepat mungkin tanpa harus sepenuhnya mengembangkan produk

B. Menunda perilisan produk

C. Prototipe produk yang paling lengkap

D. Memuaskan keinginan customer

E. Memuaskan keinginan product owner

Jawaban : A


2. Mana saja yang termasuk dalam 3 pilar Scrum?

A. Transparency, Openness, Courage

B. Inspection, Focus, Adaptation

C. Transparency, Inspection, Adaption

D. Commitment, Fokus, Respect

E. Commitment, Transparency, Adaptation

Jawaban : C


3. Prioritas utama dalam memilih problem yang ingin dipecahkan adalah problem yang bersifat...

A. High value - higt effort

B. High value - low effort

C. Low value - higt effort

D. High effort - low value

E. Low effort - high value

Jawaban : B


4. Seorang product manager berdiskusi dengan tim engineering terkait pengembangan produk baru perusahaan. Setelah dijelaskan, tim engineering mengatakan bahwa dari 3 fitur yang akan dibuat 2 fitur medium dan 1 fitur sangat sulit. Berapa total poin yang ada dalam pengukuran story points tim engineering?

A. 10 poin

B. 12 poin

C. 14 poin

D. 16 poin

E. 18 poin

Jawaban : B


5. Seorang product manager harus selalu up to date dengan perkembangan teknologi. JIka seorang product manager berpindah dari perusahaan edukasi ke perbankan, maka kemampuan yang harus dibawa untuk membawa value (nilai) adalah...

A. Communication

B. Critical thinking

C. Tech-geek

D. Tech-savviness

E. Open-midedness

Jawaban : D


6. Apa yang sebaiknya dilakukan jika solusi yang sudah dirancang tidak berhasil menyelesaikan problem?

A. Melanjutkan go live produk

B. Mengganti dengan solusi yang lain

C. Me-reframe solusi, problem, dan goals

D. Melakukan uji coba ulang solusi

E. Menyalahkan tim atas tidak berhasilnya solusi

Jawaban : C


7. Metode yang digunakan untuk membangun versi sederhana dari produk kamu dengan cepat dan murah, sehingga dapat dites langsung interaksinya dengan para pengguna adalah definisi dari ...

A. Minimum Viable Product

B. Net Promoter Score

C. Go to Market

D. Analisis kualitif

E. Analisis kuantitatif

Jawaban : A


8. Kapan pendekatan Cynefin digunakan pada Scrum?

A. Pada saat mengalami situasi simple problems

B. Pada saat mengalami situasi complicated problems

C. Pada saat mengalami situasi chaos

D. Pada saat mengalami situasi complex problems

E. Pada saat mengalami situasi hectic moment

Jawaban : D


9. Perhatikan pernyataan berikut ini!

Agile adalah sebuah metode untuk bertindak adaptif dan cepat.

Apakah pernyataan tersebut tepat? Mengapa?

A. Ya, karena Agile adalah sebuah cara untuk bekerja secara cepat, adaptif, dan fleksibel.

B. Ya, karena Agile adalah sebuah metodologi yang bisa diterapkan secara langsung oleh setiap perusahaan.

C. Tidak, karena Agile bukan sebuah metode yang bisa diimplementasikan secara sama untuk perusahaan yang berbeda.

D. Tidak, karena Agile berisi langkah teknis untuk mengembangkan perangkat lunak.

Jawaban : C


10. Prita melihat adanya penurunan pada penjualan gamisnya selama 5 bulan terakhir. Dan setelah mencari permasalahannya, ia menemukan bahwa pelanggan tidak mau membeli lagi karena harga gamis yang semakin mahal.

Maka rumusan masalah yang baik dari permasalahan Prita diatas adalah?

A. Apa yang membuat terjadinya penurunan penjualan?

B. Dimana terjadi penurunan penjualan

C. Bagaimana cara kita mengurangi biaya produksi sehingga kita bisa memberikan harga yang rendah untuk pelanggan?

D. Mengapa terjadi penurunan penjualan?

E. Bagaimana cara kita meningkatkan penjualan?

Jawaban : C